Langsung ke konten utama

Kesehatan Masyarakat Di Indonesia

 foto PBL Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta,
Kesehatan Masyarakat
Kesehatan Masyarakat. 

peran kesehatan masyarakat dalam kategori dunia kesehatan sangatlah penting karena ilmu kesehatan itu sangat luas,mulai dari segi ekonomi, kedokteran, kesehatan reproduksi, sanitasi kesehatan lingkungan, epidemiologi, Manajemen mutu sumber daya manusia, kesehatan keselamatan kerja,kebijakan publik, filsafat,psikologi, etika hukum kesehatan, budaya, sosial dan antropologi dan masih banyak lagi pembelajaran yang menuntun kita untuk menjadi tenaga kesehatan yang dapat mengatur, menjaga, mensejahterahkan dalam bidang sosial,financial, dan khususnya kesehatan bagi masyarakat. setiap materi yang dibahas tidak jauh dari profil masyarakat di Indonesia. sehingga, setiap mahasiswa berpendidikan kesehatan masyarakat harus dekat dengan masyarakat, mulai dari penyuluhan dan mengikuti kegiatan sosial agar lebih banyak pengalaman dan pengetahuan dari profil masyarakat. tidak hanya untuk masyarakatnya saja kita bahas, melainkan dari kebijakan pemerintah dalam program kerja serta institusi yang ada mulai dari pabrik, rumah sakit bahkan tempat umum. materinya berbagai macam jenis Ipa dan Ips sehingga tidak hanya dilihat dari satu sisi saja masalah kesehatan yang ada melainkan berbagai macam hubungan masalah yang dapat mempengaruhi seperti lingkungan, sosial,degeneratif, lifestyle, perekonomian, pendidikan, sistem manajemen rumah sakit dan sebagainya. sehingga menurut saya peran kesehatan masyarakat  tidak seharusnya hanya duduk menjadi seorang staff rumah sakit atau staf yang hanya duduk diam tanpa menyimpulkan suatu masalah yang ada, tetapi sebaiknya turun langsung ke masyarakat dan memperbaiki sistem kehidupan masyarakat dan di implementasikan dari hasil pembelajaran yang didapat dimasa kuliah ke masyarakat secara langsung.seperti halnya contoh kasus angka kematian ibu (AKI) melahirkan sangat tinggi, bahkan saat ini mengalami peningkatan dari 228 per 100 ribu kelahiran di Tahun 2012 naik menjadi 359 per 100 ribu kelahiran, menurut Menteri Sosial (Mensos),Khofifah Indar ParawansahUmumnya, kematian itu disebabkan oleh pendarahan, infeksi dan tekanan darah tinggi (eklampsi). dan Selain itu, penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan, adalah kualitas hidup yang rendah, rata-rata pendidikan rendah, derajat kesehatan dan gizi yang rendah, anemia, kurang zat besi, kurangnya tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat, kurangnya alat bantu persalinan khususnya di daerah terpencil atau pendesaan.maka dari kasus AKI ini yaitu diberikannya intervensi kepada ibu-ibu kader PKK/ Posyandu/ Puskesmas untuk memberikan pengetahuan dan pemantauan bagi ibu yang sedang hamil/proses persalinan, serta menyediakan alat bantu persalinan yang komplit di setiap rumah sakit/puskesmas/posyandu agar pertolongan pertama terlaksana dan dapat meminimaliskan angka kematian ibu di Indonesia ini.
penyuluhan secara langsung ke
 masyarakat,  Cianjur
penyuluhan pentingnya ASI Ekslusif
ke Masyarakat dan Ibu PKK,Cianjur.


terutama untuk pemerintah, mereka seharusnya lebih mengetahui kondisi masyarakat yang masih dalam kekurangan dalam alat bantu persalinan, fasilitas, rumah sakit, puskesmas, dan bahkan masih banyak daerah perdesaan yang masih membutuhkan listrik, air pdam, transportasi umum, jalanan diperbaiki, fasilitas sekolah, rumah sakit, posyandu, sehingga masih banyak masyarakat yang  kekurangan   dari perekonomian, pendidikan, dan mutu sumber daya manusia, kurangnya kebutuhan masyarakat maka semakin meningkatlah berbagai macam penyakit yang ada di Indonesia. walaupun pemerintah sudah menerapkan kartu jakarta sehat, atau asuransi kesehatan BPJS untuk membiayai pengobatan masyarakat, tetapi masih belum efektif dan efisien dikarenakan sebab dari penyakit tersebut belum bisa diminimalisirkan dikarenakan sumber dari penyebab penyakit  itu dimulai dari gaya hidup(lifestyle), keturunan(genetik), sanitasi lingkungan, dan pola makan. semua  penyebab penyakit tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan  saling berhubungan antara lainnya yaitu dari pendidikan yang rendah, pendapatan yang rendah, rumah sakit dan puskesmas yang kurang banyak, tenaga kesehatan yang kurang merata dan tidak sebanding dengan jumlah banyaknya populasi dengan tenaga kesehatan. sehingga, dari kekurangannya tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, di daerah perdesaan, para ibu yang akan melahirkan berpindah tenaga ahli persalinannya ke dukun beranak. maka dari itu, di daerah perdesaan masih mempercayai dan meminta bantuan persalian ke dukun beranak dikarenakan dengan pengeluaran persalinan yang tidak mahal, dekat dengan rumah, tidak banyak persyaratan untuk melahirkan, efektif dan efisien. disinilah yang memberikan persalinan Ibu menjadi resiko iritasi bahkan infeksi yang disebabkan kurangnya penanganan dengan tenaga medis yang baik. 

dibalik era perkembangan Indonesia, masih banyak daerah yang masih kurang dalam fasilitas dan belum tersentuh pemerintahan. ironisnya, negara yang penuh dengan kekayaan alam tetapi tidak dimanfaatkan sepenuhnya untuk masyarakat Indonesia. walaupun Indonesia masih belum memiliki Sumber daya manusia yang baik, tetapi setidaknya kekayaan alam ini di lestarikan untuk anak muda masa depan. kelak, mereka apabila di didik dengan baik dijamin mereka akan mengelola sumber daya alam kita dengan baik dan bijak sehingga keuangan nilai rupiah tersebar dengan baik dan masyarakat khususnya sejahtera dan bahagia. 

inilah salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia, penjelasan mengenai Angka Kematian Ibu (AKI)Melahirkan dan masih banyak lagi masalah-masalah kesehatan indonesia yang belum terselesaikan. disinilah tugas kesehatan masyarakat untuk memberikan pemecahan masalah(problem solving) khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat. semua permasalahan dilihat dari solusi yang ada dengan perencanaan evaluasi.  semua bidang dari perekonomian, budaya, sosial, psikologi, kesehatan lingkungan, kebijakan publik, sumber daya manusia, dan yang lainnya, sangatlah berpengaruh dan berhubungan terhadap kesehatan. apabila semua bidang tersebut sudah terpenuhi oleh masyarakat, mereka akan menjadi disiplin,mandiri,sejahtera,bahagia dan sehat lahir bathin. semua kesejahteraan masyarakat ini akan menjadikan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang bermutu baik, berpendidikan,nilai kriminalitas rendah, lebih maju dan sejahtera sehat financial,sosial,psikis,dan fisik.

sekian. 
Salam Kesehatan Masyarakat! 
Insyaallah, we can improve the healthy of our population!
together we're invincible!

by safira azzahra. 

Postingan populer dari blog ini

Jika Tidak dapat Berbicara Baik, Lebih Baik Diam.

"orang yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, hendaknya :berkata yang baik. atau (jika tidak bisa) lebih baik diam"(HR.Bukhari)
Sering sekali didapatkan dari lingkungan sosial kita seperti teman sekolah/kampus, rekan kerja, saudara pun yang  membicarakan kejelekan, aib, kekurangan, gosip, masalah, dari orang lain. bahkan, disaat sedang keadaan emosi/marah sering mendapatkan kata terucap yang tidak pantas seperti mengejek, berkata yang tidak sopan, bahkan menyinggung. sehingga dari perkataan itulah yang membuat kadang orang yang mendengarkan tersebut menjadi gelisah, membenci, sakit hati bahkan kepancing emosi. lingkungan sosial yang sering dihadapi seperti inilah yang membuat kita menjadi terpancing akan urusan duniawi yang merusak hati,perasaan,pikiran kita, dan menjerumus ke arah dosa. khususnya yang sering terjadi yaitu di kaum hawa. membudayakan  bergosip ke sesama tetangga, teman segengnya, bahkan teman kantor atau keluarga sendiri. 


ada yang mengatakan kalau "…

Manfaat Menjadi Volunteer

Manusia merupakan makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan  dan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, kepada sesama manusia bahkan suatu kelompok. Saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan.  Mengungkapkan rasa dan kemampuan untuk saling bekerjasama,adanya kepemilikan nilai manusia untuk hidup bersama dalam kesatuan kelompok seperti nilai solidaritas,kesatuan,kebersamaan,organisasi.aktualisasi manusia sebagai makhluk sosial tercermin dalam suatu kehidupan sehari-hari dalam kelompok adalah suatu kebutuhan dan bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan manusia. Dari kelompok ini memilik kepedulian yang tinggi untuk menjunjung kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kelompok inilah  seperti komunitas, NGO(Non Government Organization),LSM, Organisasi, instansi merupakan wadah para volunteer atau relawan untuk berkontribusi dalam menjalankan tujuan kepeduliannya.
         Volunteer atau relawan adalah masy…

YOUTEX ASEAN STUDENT SUMMIT SEOUL, SOUTH KOREA 2016

Pengalaman  mengikuti Asean Student Summit Youth Exchange Seoul, South Korea delegasi Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta sangatlah menarik dan luar biasa, Delegasi yang hadir di kegiatan ini dari se-Asean seperti manila, thailand, filiphine, malaysia, vietnam dan Indonesia. Delegasi yang mengikuti YOUTEX ini dari beberapa tingkat sekolah seperti SLTA, Mahasiswa S1 dan S2. Semangat belajar pelajar ASEAN dalam kewirausahaan, kepemimpinan, kebudayaan  yang terseleksi hingga terkumpulah dalam kegiatan YOUTEX sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.  
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Global Network, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemuda seluruh ASEAN dalam sumber daya manusia yang berkompeten agar mampu bersaing di MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. MEA yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Harapan pemuda dari ASEAN ini mampu memiliki satu wirausaha ekonomi…