Langsung ke konten utama

Manfaat Menjadi Volunteer

       Manusia merupakan makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan  dan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, kepada sesama manusia bahkan suatu kelompok. Saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan.  Mengungkapkan rasa dan kemampuan untuk saling bekerjasama,adanya kepemilikan nilai manusia untuk hidup bersama dalam kesatuan kelompok seperti nilai solidaritas,kesatuan,kebersamaan,organisasi.aktualisasi manusia sebagai makhluk sosial tercermin dalam suatu kehidupan sehari-hari dalam kelompok adalah suatu kebutuhan dan bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan manusia. Dari kelompok ini memilik kepedulian yang tinggi untuk menjunjung kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kelompok inilah  seperti komunitas, NGO(Non Government Organization),LSM, Organisasi, instansi merupakan wadah para volunteer atau relawan untuk berkontribusi dalam menjalankan tujuan kepeduliannya.

         Volunteer atau relawan adalah masyarakat atau orang-orang yang bersedia mengabdi secara ikhlas bekerja tanpa dibayar atau diberikan Imbalan berkontribusi, berkorban, rendah hati, tanpa pamrih, sukacita berpartisipasi menyediakan waktu dan tenaganya untuk mencapai suatu tujuan organisasi,instansi, event, kepedulian, komitmen untuk kesejahteraan sesama makhluk hidup seperti manusia, lingkungan, dan hewan.
       Pengalaman selama menjadi relawan pasti akan dihadapkan dengan serba baru seperti dengan bertemu dengan orang-orang baru, tempat baru yang  belum pernah dikunjungi,ilmu baru serta tugas relawan yang baru dilakukan dan belum pernah dicoba, sehingga tantangan untuk memulai dengan hal-hal yang baru sangat besar dan pengalaman serta pembelajaran yang menarik sebagai seorang relawan. berikut beberapa manfaat dalam kegiatan volunteer/relawan:
    .          
            1.  Menyehatkan Fisik dan Bathin
          Sebagai seorang relawan memiliki banyak manfaatnya loh, tidak hanya manfaat terhadap diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, organisasi bahkan instansi. Melayani orang lain sama degan melayani diri sendiri, tak disadari pada saat menjadi relawan ketika membuat orang lain bahagia, rasa bahagia pun muncul pada diri kita. Memberikan kebahagiaan kepada orang lain membawa hal positif terhadap diri kita dengan ketulusan saling berbagi akan menghasilkan kebahagiaan, saling berbagi tenaga, usaha, pikiran, walau lelah tetapi karna kebersamaan untuk mencapai suatu tujuan membuatkan diri menjadi senang. Secara kesehatan kegiatan menjadi relawan baik untuk kesehatan mental karena mengurangi stress dan membuatmu bahagia. Menurut penelitian mengatakan bahwa orang yang masa mudanya menjadi relawan mempunyai fungsi fisiologis tubuh menjadi lebih baik, awet muda, dan lebih sehat. Semua hal  kesehatan muncul diakibatkan rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu orang lain, karena faktanya orang yang berpikir positif akan mempengaruhi hormone dan membuat hidup lebih berkualitas, mendapatkan kesehatan bathin. Dengan tertawa bisa menurunkan rasa stress, melepas penat tubuh, rasa bahagia dapat menyembuhkan sakit kepala, jantung sehat apabila kesehatan emosional yang baik, mengurangi rasa lelah karena disaat bahagia meningkatkan hormone untuk tetap semangat.   


      2.   Memperluas Pergaulan.
        Menjadi relawan bisa memperluas networking pergaulan, karena akan mempunyai kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru. Setiap komunitas yang memiliki latar belakang dan kepedulian yang berbeda, dengan orang-orang yang berbeda latar belakang pendidikan, pekerjaan,asal tinggal,atau budaya, tetapi dengan tujuan dan kepedulian yang sama akan menyatukan bersama-sama. banyak kenalan baru dan belajar dari pengalaman mereka. Mulai dari teman yang berasal dari nasional atau international, orang pendidikan tinggi dari berbagai fakultas dan universitas, serta berbagai pekerjaan yang berbeda-beda. Dari semua pertemuan dan pergaulan dengan perbedaan background akan banyak pengalaman dan pembelajarann yang akan diambil dari cerita mereka.
      
      3.       Menambah skill dan keterampilan. 
            Saat menjadi relawan diberbagai macam organisasi atau komunitas yang berbeda backgroundnya, dan berbeda divisi kerjaan, disinilah relawan ditantang untuk melakukan sesuatu yang baru. Hal ini “memaksa kita untuk belajar hal baru. Misalkan, di komunitas sobat diabet sebagai divisi media sosial yang selalu aktif berdokumentasi tentang kegiatan sosial dan edukasi mencegah diabetes. Penyuluhan atau memberikan tes glukosa di acara pendidikan atau kesehatan, disini saya dilatih untuk menjadi educator serta tes glukosa kepada pengunjung dan mendokumentasikan lalu diposting via media sosial. Kerja yang banyak serta fleksibel atau membagikan kerjaan dan waktu dalam suatu kegiatan merupakan skill dan keahlian. Dan di besoknya untuk komunitas Pasukan Bijak Sampah menjadi educator di suatu acara untuk edukasi ke pengunjung untuk membuang sampah di tempat sampah terpilah, komunitas Indonesia young progress di divisi event organizing untuk membuat acara atau program kegiatan mengajar tanah abang atau kegiatan lingkungan. berbagai pengalaman komunitas dan organisasi dari background dan divisi kerja yang berbeda-beda dari setiap waktu yang dikerjakan terus menerus, akan menghasilkan kualitas diri yang baik akan kinerja, keahlian dan keterampilan. Dari sibuknya rutinitas ini bisa memanajemenkan waktu, menambah ilmu yang didapat, fleksibel, inisiatif, mudah beradaptasi,dapat menyelesaikan berbagai rintangan dan tantangan,pekerjakeras, empati,sukarela, kreatif, belajar, bekerjasama, komunikatif, produktif, pemimpin, bertanggung jawab,siap sedia,percaya diri dan professional.
edukasi di komunitas Pasukan Bijak Sampah
      
       4.     Peluang Prospek Karir meningkat. 
       Networking yang luas, nilai plus lainnya yaitu perekrutan pekerjaan. Dengan melihat dari pengalaman relawanmu akan dinilai bahwa dinilai cukup berkontribusi dan tulus dalam pekerjaan,memiliki minat diluar akademik, pengalaman dalam membangun komunitas, komitmen kkepada perusahaan,membantu menjadi pribadi yang baik untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan baru, menunjukkan soft dan hard skill. Menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, pengalaman team work sebagai relawan akan menjadi acuan perusahaan untuk menerimamu sebagai karyawan. memiliki skill dalam edukasi lingkungan maka di instansi bidang lingkungan akan menjadi suatu peluang dalam berkarir.

     5.   Menemukan dunia baru. 
         Pengalaman relawan yang dapat merubah cara pandang dalam melihat dunia. Orang-orang secara sukarela bekerja untuk memberikan bantuan kemanusiaan akan menemukan bahwa mereka tidak hanya ingin menjadi orang sibuk bekerja, tetapi ingin dapat merubah dunia.kamu bisa mengenal dirimu sendiri, seperti apa sikapmu jia dihadapan pada masalah-masalah yang ada di depan mata. Lebih banyak bergerak demi melakukan perubahan kemanusiaan dan lingkungan. Membuat perspektif dan pikiran menjadi terbuka, belajar memahami perbedaan,tulus menolong, berempati, belajar bahwa bahagia tidak hanya soal uang, tapi bagaimana rasanya membantu orang lain, melindungi binatang punah, mengedukasi mencegahnya diabetes, peduli terhadap persampahan,menolong orang lain sedang kesusahan, mengajar anak kecil yang tidak bersekolah karna kemiskinan, menjenguk pasien kangker untuk diberikan semangat kebahagiaan kehidupan, mendengarkan curhatan orang-orang yang sakit hatinya akibat stress, membuat tersenyum orang-orang yang sedang berduka karena bencana.
6.      
berkunjung di RSCM menjenguk pasien kanker dari komunitas taufan
      6.    Menjadi manusia bermanfaat dan ladang amal soleh

 menjadi relawan memiliki sifat tulus,ikhlas membantu untuk mensejahterakan masyarakat dan menolong sesama manusia dan makhluk hidup laiinnya.dari setiap yang dilakukan oleh relawan memiliki niat baik untuk menolong dan memanfaatkan tenaga dan waktunya untuk orang-orang yang membutuhkan. setiap kegiatan yang dilakukan oleh relawan memiliki amalan yang baik. Amal adalah perwujudan dari suatu yg menjadi harapan jiwa, baik berupa ucapan, perbuatan anggota badan, maupun hati. Segala perbuatan seseorang dapat disebut amal. Sedangkan saleh adalah berupa kebaikan yg dilakukan seseorang, jadi amal saleh adalah segala perbuatan baik seseorang. Menurut Az-Zamakhsyari, Amal saleh adalah segala perbuatan seseorang yg sesuai dgn tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah        Rasulullah SAW. Segala amal saleh selalu dilandasi oleh keimanan  “manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling                                                                                 


 bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada ber-i’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barangsiapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengokohkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api neraka” (HR. Ath Thabrani 6/139, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/575). Jadilah orang yang bermanfaat, Rasulullah saw ditanya siapa yang paling dicintai oleh Allah swt,ternyata ialah orang yang paling bermanfaat untuk manusia.Ini menunjukkan kepada kita bahwa Islam mengajarkan agar kita gemar memberikan manfaat kepada orang lain. Bukan sebaliknya, yaitu menjadikan agar bagaimana orang lain bermanfaat buat kita. Tapi yang hendaknya kita pikirkan adalah bagaimana agar kita bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Oleh karena itulah RasulullahShallallahu’alaihi Wasallambersabda: “tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah”


 (HR. Bukhari 1429, Muslim 1033).Orang yang punya kelebihan harta, ia berpikir bagaimana memberi manfaat dengan harta saya. Siapa yang memiliki kelebihan ilmu, ia berpikir bagaimana ilmunya bisa memberi manfaat kepada manusia. Siapa yang memiliki tenaga ia berpikir bagaimana agar tenaganya bisa bermanfaat kepada manusia. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “engkau membantu seseorang menaikan barang ke atas kendaraannya, itu adalah sedekah” (HR. Muslim, 1009). Demikianlah Islam menganjurkan umatnya agar menjadi orang yang bermanfaat. Senangkan hati saudaramu. Lalu dalam hadits di atas, Rasulullah SAW bersabda: “amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati saudaramu”. ketika seseorang melihat saudaranya sedang bersedih hati hendaknya ia berusaha gembirakan hatinya. Atau ia melihat temannya sedang sakit, hendaknya ia hibur hatinya agar bisa semakin sabar dengan sakitnya tersebut. Itu amalan yang besar di sisi Allah SWT.Membantu orang lain, besar pahalanya!Itu menunjukkan kepada kita bahwa Islam mengajarkan kita agar jangan egois, mengajarkan kepada kita sikap dermawan dan berjiwa sosial serta selalu memperhatikan keadaan saudara kita. Ust.Badrusalam.Lc

       Demikian dari berbagai manfaat menjadi relawan. seorang relawan tidak dibayar bukan berarti karena kamu tidak berharga tetapi karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan sejumlah uang. tak ternilai untuk membalas jasa sang relawan. niat baik dan tulus untuk membantu sesama manusia, merupakan bukti rasa syukur kita terhadap terciptanya kita di dunia. menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama manusia menunjukkan kepedulian akan hidup bersama, hidup dengan penuh keberkahan dan keridhoan dalam menjalankan rutinitas. merasakan empati kepada orang-orang yang kesusahan. membantu mereka yang kesusahan untuk bangkit dan bersama-sama berjalan menjadi hidup yang baik. hati sedih mereka kami usahakan untuk cerah untuk memberikan kebahagiaan dan keceriaan disaat gundah. selalu menjadikan waktu luang ini untuk saling berbagi ke sesama. menjadikan manusia dalam keberkahan dunia maupun akhirat.
Add caption



Postingan populer dari blog ini

Jika Tidak dapat Berbicara Baik, Lebih Baik Diam.

"orang yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, hendaknya :berkata yang baik. atau (jika tidak bisa) lebih baik diam"(HR.Bukhari)
Sering sekali didapatkan dari lingkungan sosial kita seperti teman sekolah/kampus, rekan kerja, saudara pun yang  membicarakan kejelekan, aib, kekurangan, gosip, masalah, dari orang lain. bahkan, disaat sedang keadaan emosi/marah sering mendapatkan kata terucap yang tidak pantas seperti mengejek, berkata yang tidak sopan, bahkan menyinggung. sehingga dari perkataan itulah yang membuat kadang orang yang mendengarkan tersebut menjadi gelisah, membenci, sakit hati bahkan kepancing emosi. lingkungan sosial yang sering dihadapi seperti inilah yang membuat kita menjadi terpancing akan urusan duniawi yang merusak hati,perasaan,pikiran kita, dan menjerumus ke arah dosa. khususnya yang sering terjadi yaitu di kaum hawa. membudayakan  bergosip ke sesama tetangga, teman segengnya, bahkan teman kantor atau keluarga sendiri. 


ada yang mengatakan kalau "…

YOUTEX ASEAN STUDENT SUMMIT SEOUL, SOUTH KOREA 2016

Pengalaman  mengikuti Asean Student Summit Youth Exchange Seoul, South Korea delegasi Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta sangatlah menarik dan luar biasa, Delegasi yang hadir di kegiatan ini dari se-Asean seperti manila, thailand, filiphine, malaysia, vietnam dan Indonesia. Delegasi yang mengikuti YOUTEX ini dari beberapa tingkat sekolah seperti Mahasiswa S1 dan S2. Semangat belajar pelajar ASEAN dalam kewirausahaan, kepemimpinan, kebudayaan  yang terseleksi hingga terkumpulah dalam kegiatan YOUTEX sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.  
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Global Network, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemuda seluruh ASEAN dalam sumber daya manusia yang berkompeten agar mampu bersaing di MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. MEA yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Harapan pemuda dari ASEAN ini mampu memiliki satu wirausaha ekonomi yang …