Langsung ke konten utama

produk dan distribusi pangan

pangan berkaitan dengan gizi,masalah pangan dan masalah gizi dapat diatasi yaitu dengan cara pengembangan teknologi pangan yaitu dalam proses pertanian, peternakan dan perikanan

situasi pangan yaitu tidak seimbangan antara kebutuhan pangan dan produk pangan di negara berkembang. di negara maju terjadi peningkatan produksi pangan lebih besar dari negara berkembang. sementara pertumbuhan penduduk dinegara maju lebih rendah dibanding negara berkembang.
pangan tidak terlepas dari pertanian/catur usaha pertanian:
1.interfensi,
2.ekstensifikasi
3.rehabilitasi
4.diversifikasi
karakteristik umum petani indonesia:
1.produk pangan bertumpu dipulau jawa
2. produk pangan bersifat musiman
3.konsumsi pangan berfluksuasi
4. keputusan berproduksi pangan berada di tangan petani
produksi pangan:
1. produksi BBM
2.  penanganan pasca panen
3.teknologi pangan
produksi pangn pembinaan di Indonesia program BIMAS
BIMAS: produk diarahkan dengan suatu paket upaya panca usaha tani:
1.pemakaian bibit unggul
2.penggunaan pupuk
3.irigasi teknik
4.obat hama
faktor produk:
1.tenaga kerja(sektor tani-+55-70%)
2.petani: kesuburan tanah, pengairan cukup
sumber produksi pangan:
1. lahan:untuk sektor tani, jumlah semakin menurun seiring tumbuh penduduk
2.air: kebutuhan urama dalam produksi padi-padian maupun bahan pangan lain
3. energi: irigasi,penanaaman,transportasi
4.pupuk: menigkatkan produksi petani subur
5. iklim: menentukan hasil panen
6. perikanan: ikan air laut/tawar
7. revolusi hijau:perubahan bidang petani

Postingan populer dari blog ini

Jika Tidak dapat Berbicara Baik, Lebih Baik Diam.

"orang yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, hendaknya :berkata yang baik. atau (jika tidak bisa) lebih baik diam"(HR.Bukhari)
Sering sekali didapatkan dari lingkungan sosial kita seperti teman sekolah/kampus, rekan kerja, saudara pun yang  membicarakan kejelekan, aib, kekurangan, gosip, masalah, dari orang lain. bahkan, disaat sedang keadaan emosi/marah sering mendapatkan kata terucap yang tidak pantas seperti mengejek, berkata yang tidak sopan, bahkan menyinggung. sehingga dari perkataan itulah yang membuat kadang orang yang mendengarkan tersebut menjadi gelisah, membenci, sakit hati bahkan kepancing emosi. lingkungan sosial yang sering dihadapi seperti inilah yang membuat kita menjadi terpancing akan urusan duniawi yang merusak hati,perasaan,pikiran kita, dan menjerumus ke arah dosa. khususnya yang sering terjadi yaitu di kaum hawa. membudayakan  bergosip ke sesama tetangga, teman segengnya, bahkan teman kantor atau keluarga sendiri. 


ada yang mengatakan kalau "…

YOUTEX ASEAN STUDENT SUMMIT SEOUL, SOUTH KOREA 2016

Pengalaman  mengikuti Asean Student Summit Youth Exchange Seoul, South Korea delegasi Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta sangatlah menarik dan luar biasa, Delegasi yang hadir di kegiatan ini dari se-Asean seperti manila, thailand, filiphine, malaysia, vietnam dan Indonesia. Delegasi yang mengikuti YOUTEX ini dari beberapa tingkat sekolah seperti SLTA, Mahasiswa S1 dan S2. Semangat belajar pelajar ASEAN dalam kewirausahaan, kepemimpinan, kebudayaan  yang terseleksi hingga terkumpulah dalam kegiatan YOUTEX sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.  
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Global Network, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemuda seluruh ASEAN dalam sumber daya manusia yang berkompeten agar mampu bersaing di MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. MEA yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Harapan pemuda dari ASEAN ini mampu memiliki satu wirausaha ekonomi…

Manfaat Menjadi Volunteer

Manusia merupakan makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan  dan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, kepada sesama manusia bahkan suatu kelompok. Saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan.  Mengungkapkan rasa dan kemampuan untuk saling bekerjasama,adanya kepemilikan nilai manusia untuk hidup bersama dalam kesatuan kelompok seperti nilai solidaritas,kesatuan,kebersamaan,organisasi.aktualisasi manusia sebagai makhluk sosial tercermin dalam suatu kehidupan sehari-hari dalam kelompok adalah suatu kebutuhan dan bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan manusia. Dari kelompok ini memilik kepedulian yang tinggi untuk menjunjung kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kelompok inilah  seperti komunitas, NGO(Non Government Organization),LSM, Organisasi, instansi merupakan wadah para volunteer atau relawan untuk berkontribusi dalam menjalankan tujuan kepeduliannya.
         Volunteer atau relawan adalah masy…